Minggu, 14 Februari 2016

Gua Liang Dahar, kab Karo Sumatera Utara



GUA LIANG DAHAR

Gua liang dahar terletak di desalauh bulu kecamatan kuta buluh kabupaten kaban jahe. gua liang dahar berada pada koordinat 3o 11’ 15,0 “ LU dan 98o 16’ 3,7” BT .          gua ini mempunyai 3 ruang besar dengan ukuran masing-masing 500 m2, 400 m2 dan 300 m2. Serta ruang ukuran kecil lainya. Di dalam gua terdapat mata air yang mengalir melalui terowongan kecil ke desa bekerah dan di atas dinding gua terdapat sarang burung layang-layang dan kalong. Jarak dari kora berastagi  ke gua liang dahar ini sekitar 40 km, sampai di desa lau buluh dapat menggnakan kendaraan roda empat dan selanjutnya jalan kaki  kurang lebih 40 menit. Di sepanjang perjalanan ke gua loang dahar terdapat lahan-lahan pertanian warga yang sebagian besarnya menanam bawang merah. Selain itu banyak di jumpai batuan-batuan yang terdapat di tengah-tengah kebun masyarakat, sehingga di perkirakan bahwa letusan gunung sinabung yang terjadi pada zaman dahulu sampai ke desa lau buluh ini. Batu-batu yang erdapat di sepanjang jalan ke gua liang dahar dapat di manfaatkan sebagai objek wisata, atau objek pemotretan terbukti saat TIM KKL 1 menuju gua liang dahar banyak yang mengabadikan gambar di tempat tersbut. Dapat kita lihat dari dokumentasi yang tim kami ambil






            Di lihat dari geomorfologi gua liabg dahar terbentuk dari proses solusional atau pelarutan. Syarat terbentuknya yaitu adanya vegetasi yang leat, curah hujan yang tinggi, batuab gamping yang tebal . ketika sampai di gua liang dahar dapat kita lihat pintu gua liang dahar di perkirakan terjadi akibat runtuhan di tandai dengan batu-batu terjal yang terdapat pada mulut gua dan di dalam gua terdapat bongkahan batu-batu besar.





Gambar mulut gua di ambil dari dalam gua
            Di dalam gua kita dapat melihat stalagtit dan stalagmit yang terbentuk karena air hujan yeng meresap melalui  tanah. Air yang turun dari atas (air hujan ) mengandung mineral batu gamping yang turun melalui diaplas-diaplas maka terbentuklah stalagtit dan stalagmit. Stalaktit adalah sejenis mineral sekunder ( speleothem) yang mengantung di atas langit- langit gua. Nah ini lah yang sering kita lihat ada di langit-langit atas gua. Sedangan stalakmit adalah batuan yang terbentuk di lantai gua, hasil dari tetesan air langit-langit gua. Letaknya ada di bawah lantai gua. jika stalagtit dan stalagmit bersatu makan menjadi tiang Gua. Stalaktit dan stalakmit adalah bentuk khas daerah karst yang tebentuk dari proses pelarutan air di daerah kapur secara terus-menerus. Air yang larut  tersebut akan masuk ke lubang-lubang (doline) yang turun ke gua dan akan menetes ke dasar gua. Tetesan-tetesan tersebut akan berubah menjadi batuan-batuan runcing . stalaktit membentuk batuan runcing ke bawah sedangkan stalakmit membentuk batuan runcing ke atas.
Berikut ini adalah gambar stalakmit yang masih pendek,







Tidak ada komentar:

Posting Komentar